Tuesday, January 1, 2013

S
eiring berjalannya waktu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi didunia semakin berkembang pesat, salah satunya adalah 10 produk iptek besar terkini yang tentunya bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari, dan berikut adalah penjelasan mengenai 10 produk iptek tersebut, yuuuukk teman-teman kita simak informasinya :D
1. Dinamo dari tubuh manusia
Teknologi ini ditemukan oleh Wang Zhonglin seorang ilmuwan keturunan Tionghoa dari Politeknik Georgia, AS, menggunakan teknik Nano dan Piezoelectrik effect guna membangkitkan listrik. Dia berhasil membuat semacam pakaian serat fiber berdinamo dari bahan campuran serat logam super halus. Setiap kali fiber ditekan atau ditekuk, bisa menghasilkan aliran listrik. Yang disebut dengan Piezoelectrik effect adalah ketika materi tertentu tatkala menerima tekanan bisa menghasilkan listrik.Wang Zhonglin menggunakan benang nano yang dibuat dari Zinc Oxyd (seng oksida) dibungkus dengan seuntai serat tenun. Sewaktu orang mengenakan pakaian semacam ini, asalkan terhembus angin atau gerak sedikit saja sudah cukup membuat pakaian tersebut menghasilkan Listrik. Untuk realisasinya teknik tersebut masih dalam tahapan percobaan di laboratorium.
2. Alat pengintai tembus dinding
Alat ini bernama Prism 200. Teknologi  ini bisa memancarkan semacam gelombang pulsa ultra wide band, bisa menembus dinding atau materi setebal 40 cm, mendeteksi segala gerakan dalam radius 15 meter, dapat membantu pihak kepolisian sewaktu dalam pengepungan penculik dan mampu mendeteksi posisi penyandera dan korban yang disandera di dalam ruangan..
3. Memanjat dinding dan Qinggong (ilmu meringankan tubuh)
Teknologi ini diinspirasi dari prinsip anatomi kaki cicak. Nicola Pugno, peneliti politeknik Universitas Turin Italia merangkap teknologi Nano, telah membuat satu pasang sarung tangan yang masing-masing mampu menahan bobot 10 kg. seiring dengan perbaikan teknis, impian indah masyarakat penggemar spiderman dapat menjadi sepertinya tak lama lagi bisa direalisir.
4. Insang buatan
Fuji Systems – Jepang membuat insang buatan dari membran silicon.Pada teknologi ini, dapat tembus udara tetapi tidak bisa menembus cairan. Teknologi ini juga dapat memfilter oksigen di dalam air, persis seperti insang ikan. Pada 2002, ada penyelam yang berhasil mengenakan insang buatan berada di dasar air selama 30 menit.
5. Alat penterjemah langsung.
Ilmuwan di Universitas Carnegie Mellon Pittsburg, AS, sedang membuat sistem software pengenal suara dan penerjemahan yang dinamakan Speechalator. Alat ini bisa digunakan pada palm sized note book dan PDA. Meskipun dewasa ini daya perbendaharaan-katanya terbatas, namun bantuan komunikasi ini sangat bermanfaat.
6. Mantel penyirna tubuh
Universitas Duke, AS, membuat metamaterials yang bisa membelokkan cahaya, bahan penyirna semacam ini dibuat dari sejumlah besar bahan sintetis yang menyerupai fiber glass dan dibentuk dengan sistem susunan mendatar, bisa membalikkan gelombang elektromagnetik, dengan melalui mengubah sorotan cahaya untuk menyembunyikan benda. Metamaterials selain bisa dibuatkan mantel penyirna tubuh, juga bisa dipergunakan di optical fiber communication, dibuat speed fiber optic diperkirakan bisa meningkatkan minimal 10 kali lipat kecepatan on line dewasa ini.
7. Pesawat terbang pribadi
Pada 1920 telah dikembangkan pesawat terbang pribadi, sampai tahun 60-an, ada yang merancang pesawat pribadi yang mampu terbang 30 detik. Hingga 2008, Martin Jetpack yang dirancang oleh perusahaan pesawat Martin, Selandia Baru, membuat pesawat pribadi tidak lagi bagian dari komik fiksi iptek. Martin Jetpack menyediakan dua starter Turbojet engine, digerakkan memakai bensin, satu gallon bensin cukup untuk 30 menit terbang, sekitar 50 km jauhnya. Selain itu pesawat dilengkapi juga dengan parasut, tak perlu takut jika mengalami kerusakan..
8. Pesawat antariksa pribadi
 Insinyur AS, Leik Myrabo ternyata memiliki ide baru yakni tanpa penggunaan BBM.Myrabo senantiasa berupaya pada penelitian gelombang mikro. Ia merencanakan penggunaan laser permukaan ditembakkan ke arah bagian dasar pesawat antariksa berbobot ringan, bisa menimbulkan Explosive plasma, sehingga melontarkan pesawat antariksa ke atas. Diprediksi pada 2025, modal dengan cara baru ini hanyalah 1/1000 daripada yang sekarang.
9. Alat terapi ultrasonic mini/jinjing
Lawrence Crum, professor Universitas Washington, AS,  telah sukses mengembangkan emacam peralatan terapi ultrasonik jinjing melalui ultrasonik yang membebaskan ultrasonik berenergi rendah, kondisi pembuluh darah yang terluka oleh gelombang ultrasonik jikalau ditemukan pembuluh darah terdapat gejala berdarah, alat tersebut membebaskan lagi ultrasonik energi tinggi untuk menimbulkan panas tinggi dan memampatkan pembuluh darah.
10. Bau sebagai pengontrol TV
Percayakah Anda? TV masa depan selain bersuara, berwarna, juga bisa beraroma. Jauh pada akhir 1990 sudah ada perusahaan yang pada tahap awal berhasil meneliti teknik bebauan sintetis, mampu membuat hampir semua aroma yang ditemui setiap hari. Tetapi pada TV seiring dengan perubahan gambar, bagaimana mencegah aroma yang berbeda tidak tercampur dan berubah ke jenis aroma lainnya, serta bagaimana menangkal bau yang tak mau lenyap yang belum sinkron dengan gambar ditampilkan.Perusahaan Xin Li, Jepang telah menciptakan teknologi ini. Metode yang digunakan ialah menghindari hidung, namun langsung menyerang bagian otak.

0 komentar:

Post a Comment

thanks for your coment ^^