Sunday, May 31, 2015

Rumah Portable yang Ramah Lingkungan


Berpetualang ke alam bebas telah menjadi hobi banyak orang dan bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi mereka. Gaya hidup semacam ini didukung oleh salah satu perusahaan arsitek asal Slovakia dengan mendesain hunian kapsul ramah lingkungan. Nice Architects mendesain sebuah rumah kapsul yang dilengkapi dengan panel surya, generator listrik tenaga angin, serta penadah air hujan.

Sistem pembangkitan listrik rumah kapsul yang diberi nama Ecocapsule ini memungkinkan pemiliknya tinggal di tempat yang tidak teraliri listrik. Ecocapsule dibekali dengan sebuah generator listrik tenaga angin berkapasitas listrik 750watt. Atap Ecocapsule dilapisi dengan panel surya yang mampu membangkitkan listrik 600watt. Ditambah dukungan sebuah baterai berkapasitas tinggi (9.744Wh), memastikan penghuni akan selalu tercukupi kebutuhan listriknya di segala jenis cuaca. 

Bentuk nya yang kapsul bertujuan untuk lebih banyak menangkap air hujan dan mengumpulkannya di tangki air yang terletak di bawah rumah. Selain hujan, rumah ini juga mampu menangkap embun yang terbentuk di dinding luar dan mengumpulkannya di tangki yang sama. Bentuk ini juga bertujuan agar rumah dapat bebas di bawa kemana saja.

Rumah kapsul yang berukuran panjang 4,5m, lebar 2,4m, serta tinggi 2,5m ini, memiliki sebuah tempat tidur, dapur mini, kloset serta shower di kamar mandinya. Desainnya yang kompak dan minimalis membuatnya mudah dipindah-tempatkan menggunakan jalur darat ataupun udara. 









0 komentar:

Post a Comment

thanks for your coment ^^