Friday, August 25, 2017

mengenal lebih dalam perkembangan Politeknik STMI Jakarta



1. Pengenalan latarbelakang Politeknik STMI jakarta

Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) merupakan lembaga Pendidikan Tinggi milik Pemerintah di bawah naungan Kementrian Perindustrian Republik Indonesia.Sejak awal berdirinya, STMI selalu bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam mengembangkan kurikulum dan program studinya. Salah satu bentuk kerja sama tersebut adalah penyusunan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) untuk STMI. Proses adaptasi KBK tersebut tengah berlangsung di lingkungan STMI. Sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensinya, STMI bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengisi kebutuhan akan manajer operasional dalam sektor industri, terutama untuk sektor formal, yang dapat juga diaplikasikan untuk sektor industri kecil dan menengah pada umumnya. Hingga saat ini, sekitar 70% alumni STMI telah terserap ke berbagai jenis lapangan kerja, sebagian besar berada di sektor industri manufaktur. Jumlah tersebut belum termasuk mereka yang sukses membuka usaha sendiri.



2. Sejarah Berdirinya STMI

Politeknik STMI adalah salah satu lembaga perguruan tinggi dibawah binaan Kementerian Perindustrian RI, yang pendiriannya ditetapkan dengan Surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor : 239/M/SK/1975 Tahun 1975. Pada mulanya sekolah ini menyelenggarakan pendidikan pada jenjang Strata Sarjana dengan Gelar M.Sc (Master Of Science) Untuk lulusannya. Adapun mahasiswanya berasal dari lulusan sarjana muda dari latar belakang pendidikan teknik dan manajemen.

Sejak tahun 1981 progam pendidikan di Politeknik STMI diubah menjadi progam diploma yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Perindustrian Nomor : 237/M/SK/VI/1981 dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0184/O/1981, Tertanggal 6 Juni 1981. Sejak saat Itu Politeknik STMI menyelenggarakan pendidikan Progam Studi Diploma IV memiliki tiga jurusan, yaitu:

1.     Teknik dan Manajemen Industri
2.     Teknik dan Manajemen Informatika
3.     Teknik Kimia Industri

Kemudian pada tahun 2007 jurusan di Politeknik STMI berubah dan bertambah menjadi:

1.      Teknik dan Manajemen Industri
2.      Sistem Informasi Industri
3.      Teknik Kimia Industri
4.      Manajemen Bisnis Industri



3. Perubahan nama STMI menjadi Politeknik STMI

Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian No. 01/M-IND/PER/1/2015, nama Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) berubah menjadi Politeknik STMI Jakarta, Nama jurusan pun ikut berubah sesuai dengan nama Politeknik  STMI, yaitu menjadi:

1.      Teknik Industri Otomotif (TIO)
2.      Sistem Informasi Industri Otomotif (SIIO)
3.      Administrasi Bisnis Otomotif (ABO)
4.      Teknik Kimia Polimer (TKP)



4. Visi dan Misi Politeknik STMI Jakarta

A. VISI

Menjadi unit penyelenggara pendidikan vokasional terunggul dan terdepan serta pelopor pemenuhan kebutuhan tenaga kerja sektor industri baik kebutuhan nasional maupun regional.


B. MISI

1. Menyiapkan mahasiswa terdidik secara profesional dan tangguh guna memenuhi dunia industri maupun dunia pendidikan dan kepakaran.

2. Bersama perguruan tinggi lain dan lembaga kepakaran ilmiah Politeknik STMI menjadi pelopor dan terdepan untuk dapat memberikan sumbangan kepada dunia industri dan duni keilmuan dalam pengembangan sektor industri.

3. Meningkatkan akreditasi seluruh program studi pada Politeknik STMI Jakarta

4. Meningkatkan jumlah mahasiswa dan rasio pendaftar terhadap mahasiswa dengan minimal rasio 1 : 3

5. Meningkatkan penyerapan lulusan pada dunia industri dengan masa tunggu selambat-lambatnya 5 bulan

6. Meningkatkan karya-karya tulis ilmiah (berupa penelitian terapan) yang terkenal dan berskala international

7.Melakukan peningkatan jenjang pendidikan dari Diploma 4 menjadi Magister (S2) terapan


Demikian artikel yang kami kumpulkan, semoga membuka wawasan anda.
Source :  1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Politeknik_STMI
                 2. http://www.stmi.ac.id/info/tentang/44/visi-misi
                 3. http://www.stmi.ac.id/info/tentang/12/sejarah-kampus

0 komentar:

Post a Comment

thanks for your coment ^^