Saturday, January 11, 2014

Energi terbarukan hutan

Energi terbarukan hutan

Manfaat Sumber Daya Hutan Sumber daya hutan sebagai salah satu sumber daya alam penting dan strategis yang diciptakan dan dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada umat manusia dengan amanah untuk dimanfaatkan bagi sebesar-besar kemaslahatan mahluk hidup secara optimal dan berkelanjutan (lestari). Pengertian lestari dimaksudkan hutan harus tetap ada dan berfungsi secara optimal bagi generasi sekarang maupun generasi mendatang sampai berakhirnya kehidupan didunia ini. Hutan, utamanya hutan hujan Tropika, sangat diandalkan perannya diera perubahan iklim global dan pembangunan berkelanjutan pasca Deklarasi Rio (1992) dan Johannesburg (2002). Banyak ungkapan yang mengadung harapan dari masyarakat global terhadap peran dan manfaat hutan antara lain ditunjukkan dalam berbagai ungkapan sebagai berikut:
Ø  Hutan sebagai penyangga kehidupan
Ø  Hutan sebagai inti lingkungan hidup
Ø  Hutan sebagai paru-paru hijau dunia
Ø  Hutan sebagai penyeimbang emisi GRK

Hutan Hujan Tropika Indonesia yang saat ini secara de jure pada akhir Desember 2012 ada seluas lebih dari 133 juta ha, merupakan hutan hujan tropika terluas nomor 3 (tiga) didunia setelah Brazil dan Zaire. Peran strategis hutan Indonesia memiliki nilai lebih terkait dengan letak geografis berada dipusat wilayah Asia-Pasifik sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia saat ini dan masa depan.

Para ahli kehutanan didunia bersepakat bahwa hutan memiliki manfaat yang sangat luas dan dikelompokan dalam 3 (tiga) kelompok besar manfaat seperti:
Material (hasil hutan kayu dan hasil hutan bukan kayu termasuk bahan pangan)

Jasa-jasa lingkungan utamanya:
v  Pengaturan tata air (Waterregulation)
v  Penyerapan dan penyimpanan karbon (Carbon Sequesteration and Carbon stock)
v  Penyedia keindahan bentang alam (Scenic beauty)
v  Perlindungan Keaneka ragaman hayati (Biodiversity conservation)
v  Energi, baik berupa energi padat, gas maupun cair.

Terlait dengan energi, hutan semenjak dahulu kala telah menjadi penunjang kehidupan umat manusia sebagai sumber energi kayu bakar. Diwilayah negara berkembang utamanya Asia dan Afrika, peran kayu sebagai sumber energi, kayu bakar masih tetap tinggi dan dominan dibanding penggunaan lain

0 komentar:

Post a Comment

thanks for your coment ^^