Thursday, May 16, 2013

KEBENDAHARAAN IMTEK


Organisasi, bukanlah hal yang lagi tabu bagi kita. Mulai dari lingkungan pemerintahan, politik, masyarakat, sekolah, maupun keluarga sekalipun, kita sangat lekat dengan organisasi. Hal inilah yang mengharuskan  kita untuk hidup bersosialisasi. Kehidupan organisasi yang baik pun tidak luput dari kinerja dan kerja sama yang baik pula dari pihak-pihak yang terlibat didalamnya.
Dalam sebuah organisasi, struktur organisasi menjadi hal yang sangat penting untuk dapat menjalankan roda kehidupan organisasi tersebut. IMTEK misalnya, sebagai salah satu contoh organisasi di Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) yang juga memiliki stuktur keanggotaan. Ketua umum, wakil ketua umum, sekretaris, bendahara, dan anggota lainnya merupakan unsur pembentuk dalam organisasi jurusan Teknologi Kimia Industri ini. Masing-masing jabatan mengemban tugas penting serta saling bekerja sama satu sama lain dalam menjalankan program kerja. Salah satu bagian dari struktur keanggotaan IMTEK adalah bendahara yang memegang penuh atas pengelolaan keuangan. Umumnya, bagian yang mengurus segala pemasukan dan pengeluaran dana dalam organisasi ini, memiliki laporan keuangan khusus yang harus dipertanggung jawabkan kepada ketua organisasi dan juga dilaporkan kepada anggota lainnya.
Kebendaharaan IMTEK dikepalai oleh seorang bendahara umum dan dibantu oleh dua staff bendahara. Bendahara umum bertugas untuk merekap pengeluaran dan pemasukan seluruh dana IMTEK. Staff bendahara 1 dan 2 bertugas untuk membantu bendahara umum dalam pengelolaan keuangan IMTEK, termasuk uang kas yang harus dilaporkan kepada bendahara umum di  akhir bulan. Tidak ada program kerja khusus yang ditujukan untuk bendahara, namun pengaturan dalam pengelolaan keuangan IMTEK harus terus berjalan, terlebih pada saat suatu kegiatan sedang berlangsung. Prosentase perbandingan keuangan IMTEK adalah 40% untuk kegiatan, 35% untuk kesekretariatan, dan 25% untuk sosial.
Dalam setiap organisasi tentu saja memiliki harapan besar untuk kemajuan organisasi tersebut, tanpa terkecuali IMTEK. Dengan adanya kebendaharaan IMTEK yang transparan diharapkan mampu mengatasi permasalahan dalam mengatur keuangan organisasi IMTEK. Selain itu,  pengelolaan keuangan yang baik dapat memberikan kesejahteraan dalam kehidupan IMTEK itu sendiri.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

thanks for your coment ^^